Partisipasi Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Selama Pembelajaran Daring

  • November 25, 2020

Padahal setiap anak memiliki kemampuan dalam memahami materi pelajaran yang berbeda-beda. Ada jenis anak yang cepat tanggap dalam memahami suatu materi yang disampaikan. Ada pula anak yang lambat memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Oleh sebab itu sangat diperlukannya bimbingan belajar sebagai tambahan belajar anak.

Orang tua bisa memberikan pemahaman jika dibutuhkan iqra dulu sebelum mulai menggunakan alquran. Ajarkan anak dengan cara menyuruhnya meniru terlebih dahulu dan berikan pemahaman mengenai cara baca yang tepat. Pastikan orang tua mengajar dengan kesabaran serta tidak mudah merasa emosi saat anak melakukan kesalahan. Seperti yang Mama tahu, mengajar apapun pada usia dini memiliki kelebihan tersendiri, dan bahasa Inggris dapat lebih mudah dipelajari jika diajarkan dengan cara yang tepat.

Cara mengajar anak untuk tidak bosan

Sayangnya, tidak semua anak mau belajar mengaji dengan tekun, mungkin karena metodenya yang kurang tepat. Contoh memberikan visual kepada huruf hijaiyah yaitu huruf alif yang seperti tongkat dan huruf ba seperti bentuk perahu. Mama tidak perlu pusing memikirkannya, Mama bisa menonton dari animasi di video atau membeli buku yang berisikan visualisasi huruf hijaiyah lalu mengajarkannya kepada Si Kecil. Banyak pilihan lagu anak yang bisa dijadikan irama untuk menghafal huruf-huruf hijaiyah. Selain itu, Mama bisa juga mengajarkan lagu-lagu hafalan huruf hijaiyah dari berbagai kartun Islami.

Berikan pemahaman bahwa konsekuensi ini akan melatih anak untuk dapat bekerja ketika mereka dewasa nantinya. Apabila dalam diri peserta didik telah tumbuh respon, hingga termotivasi untuk belajar, maka tujuan belajar akan lebih mudah dicapai. Peserta didik yang antusias dalam proses pembelajaran memiliki kecenderungan berhasil lebih besar dibanding mereka yang mengikuti proses dengan terpaksa atau asal-asalan. Motivasi adalah sebuah konsep utama dalam banyak teori pembelajaran. Motivasi ini sangatlah dikaitkan dengan dorongan, perhatian, kecemasan, dan umpan balik/penguatan. Respon yang baik tersebut, akan berubah menj adi sebuah motivasi yang tumbuh dalam diri nya, sehingga ia merasa terdorong untuk mengikuti proses pembelajaran dengan penuh perhatian dan antusias.

Pembelajaran secara home go to dapat memberikan dampak yang baik pada anak didik untuk keberhasilan pembelajaran. Adanya komunikasi dan kerjasama yang baik antara pendidik dan keluarga untuk mengetahui hambatan dan kendala yang dihadapi oleh anak didik. Diharapakan dengan adanya residence visit anak didik lebih giat dan termotivasi karena adanya perhatian oleh pendidik dan keluarga. Bukan hanya kebutuhan intelektual yang harus selalu dikedepankan. Bagaimana pun mereka adalah anak-anak yang juga perlu didukung secara emosional.

Kepin

E-mail : admin@musicmistro.com